Kamis, 28 Oktober 2010

Tekhnologi Perdagangan melalui Jaringan Elektronik


Pendahuluan
Bagi pelaku usaha, diberlakukannya perdagangan bebas bagaikan pedang dua sisi. Di satu sisi, ia membuat persaingan di berbagai bidang usaha menjadi semakin ketat. Di sisi yang lain, bagi yang memiliki sumber daya dan kemampuan untuk bersaing, ia membuka peluang untuk terus meningkatkan keuntungan dan mengembangkan usaha. Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok perangkat keras dan perangkat lunak. Jasa informasi memainkan peranan yang berubah dan menentukan dalam hubungannya dengan lingkungan. Dan Pelayanan pelanggan melalui teknologi informasi menjadi semakin penting.
Pembahasan
Usaha pertanian (agribisnis), sebagai salah satu bidang usaha yang banyak digeluti oleh sebagian besar penduduk Indonesia yang agraris tentunya tidak terlepas dari dampak diberlakukannya perdagangan bebas ini. Pasar kita akan semakin mudah dimasuki oleh produk pertanian import, sehingga pemasaran produk pertanian dalam negeri akan membutuhkan usaha yang lebih untuk dapat terus bertahan dan tetap menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.
Sementara itu, perkembangan yang sangat pesat di dunia teknologi informasi turut menandai perkembangan zaman dan memegang peranan penting di dalam hampir semua aspek kehidupan. Melalui internet dan piranti lainnya, perubahan yang terjadi dibelahan dunia yang lain dapat diketahui dan di respon belahan dunia lain dalam hitungan menit, bahkan detik. Di dalam dunia usaha, kemampuan untuk menangkap informasi dan meresponnya secara cepat merupakan hal yang sangat penting. Jika persaingan usaha diibaratkan sebagai peperangan, maka pihak yang lebih mengenal medan, menguasai sumberdaya dan mengetahui kelemahan musuh adalah pihak yang dapat dipastikan akan keluar sebagai pemenang.
Penutup
Kesimpulan
Perkembangan tekhnologi pada zaman sekarang memang sangat canggih, perdagangan juga bisa dilalui melalui jaringan internet. Sehingga kita mampu melihat perkembangan dari dunia luar juga melalui internet dan tekhnologi perdagangan melalui jaringan ini memang sangat penting supaya kita bisa melihat persaingan perdagangan dari dunia luar.

Saran
Oleh karena itu, para pelaku agribisnis tanah air perlu terus meningkatkan daya saing dengan cara terus meningkatkan pengetahuan, membuka diri terhadap dunia luar, terus mengikuti perkembangan yang terjadi dan tidak melewatkan informasi terbaru. Penguasaan atas teknologi, pengetahuan dan informasi akan menjadi modal dan sumberdaya yang penting untuk bisa bertahan, memenangkan persaingan dan terus berkembang di era perdagangan bebas saat ini

Referensi
·         http://www.google.co.id/
·         http://www.ask.com/
·         http://www.ask.com/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar