Sabtu, 25 September 2010

Komponen-komponen penunjang Sistem Informasi Manajemen



Pendahuluan

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sebuah bidang yang sudah bergerak sejak tahun1960an. Secara umum Sistem Informasi Manajemen didefinisikan sebagai sistem yang menyediakan berbagai macam informasi yang dapat digunakan untuk mendukung sebuah manajemen, operasidan juga pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem Informasi Manajemen itu juga didukung oleh sebuah komponen-komponen yang mempunyai tugas sebagai pendukung berjalannya sistem tersebut. Komponen-komponen sistem informasi manajemen merupakan seluruh kumpulan elemen yang membentuk suatu sistem informasi. Komponen sistem informasi ini juga terbagi menjadi dua yaitu komponen sistem informasi manajemen secara fungsional dan sistem informasi manajemen secara fisik .

Pembahasan

Disini saya akan mencoba membahas komponen-komponen penunjang sistem informasi manajemen secara fungsional dan sistem informasi manajemen secara fisik.

1.      Komponen sistem informasi secara fungsional
Komponen sistem informasi secara fungsional adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan tekhnik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpangan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen,
meliputi :

a.       Sistem Administrasi dan Operasional
Sistem ini melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin dimana seperti yang telah ditetapkan pada prosedur-prosedur dan sistem ini juga harus teliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat diketahui.

b.      Sistem Pelaporan Manajemen
Sistem ini berfungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan-laporan yang bersifat periodic kepada pengambil keputusan atau manajer.

c.       Sistem Database
Sistem ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan untuk berkembang sesuai dengan perkembangan organisasi. 

d.      Sistem pencarian
Sistem ini berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dalam bentuk yang tidak terstruktur.

e.       Manajemen data
Sistem ini berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen sistem informasi dengan database dan antar masing-masing komponen pada sistem informasi.

2.      Komponen sistem informasi manajemen secara fisik
Komponen sistem informasi secara fisik merupakan keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang dapat digunakan dan berfungsi untuk menjalankan sistem informasi manajemen. Komponen-komponen tersebut meliputi :

a.       Hardware atau perangkat keras
Hardware menunjukkan peralatan komputer fisik dan alat-alat yang berhubungan. Hardware harus menyediakan 4 fungsi umum yaitu :
-          Peralatan input
-          Unit pemrosesan ( ALU dan CU )
-          Penyimpanan primer dan sekunder
-          Peralatan output

b.      Software atau perangkat lunak
Sekumpulan intruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data. Perangkat lunak yang umum biasa digunakan untuk pengoperasian sistem dan manajemen data dan juga program aplikasi.
Perangkat lunak sistem ada 3 yaitu :
-          Sistem operasi
-          Penerjemah bahasa
-          Program utility
Perangkat lunak aplikasi yaitu :
-          Perangkat lunak aplikasi pemrograman sendiri
-       Perangkat lunak aplikasi paket jadi aplikasi bisnis umum, industry, produktivitas, organisasi dan produktivitas perorangan.

Software yang baik dalam pemecahan masalah :
-         Kemudahan dalam menjalankan software dialog terpadu, penjelasan sesuai konteks dan interface grafis.
-       Meminimumkan kesalahan, pencegahan kesalahan, deteksi kesalahan dan perbaikan kesalahan.

c.      Prosedur atau pedoman
Sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data atau cara-cara yang diperlukan bagi pemakai untuk mendapatkan informasi yang akan digunakan.

d.     Orang
Semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem informasi.

      e.     Model manajemen dan pengambilan keputusan

f.       Database
Sekumpulan table, hubungan, dan lain-lainnya yang berkaitan dengan penyimpanan data.

g.    Jaringan komputer dan komunikasi data
Sistem penghubung yang memungkinkan sumber dipakai secara bersamaan atau diakses oleh sejumlah pemakai.


Penutup

Kesimpulan
Komponen-komponen penunjang sistem informasi manajemen itu terbagi dua yaitu komponen sistem informasi manajemen secara fungsional dan komponen sistem informasi manajemen secara fisik. Perbedaan keduannya itu jika komponen sistem informasi manajemen secara fungsional lebih kepada tekhnik pengumpulan dan pengolahan pada sebuah data sedangkan komponen sistem informasi manajemen secara fisik itu mencangkup keseluruhan perangkat fisik yang dapat digunakan dan berfungsi untuk menjalankan sebuah sistem.

Saran
Komponen-komponen tersebut sangat penting sebagai penunjang sistem informasi manajemen tapi pada nyatanya, tidak semua sistem informasi mencakup keseluruhan komponen-komponen tersebut. Sebagai contoh, sistem informasi pribadi hanya melibatkan antara pemakai dengan sebuah komputer dan tidak melibatkan fasilitas jaringan atau komunikasi lain. Namun, sistem informasi grup kerja yang melibatkan sejumlah orang dan sejumlah komputer, memerlukan sarana jaringan dan komunikasi.



Referensi

·      http://www.bing.com/

·      Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar