Sabtu, 25 September 2010

Penggunaan SIM untuk menunjang kegiatan manajemen pada perusahaan


Pendahuluan

Sistem merupakan sekumpulan unsur atau elemen yang saling berkaitan satu sama lain membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu.
Informasi merupakan hasil pemrosesan data yang diperoleh dari setiap elemen sistem menjadi bentuk yang mudah dipahami.
Beberapa ahli merumuskan tentang pengertian sistem informasi manajemen, antara lain :

1.      SIM adalah sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi pemakai dengan kebutuhan yang serupa. (Raymond McLeod,Jr)
2.     SIM merupakan integrasi manusia mesin guna menyediakan informasi untuk mendukung fungsi operasional, manajemen dan pengambilan keputusan pada suatu organisasi. (Gordon B. Davis)

Pembahasan

Sistem Informasi Manajemen adalah sebuah sistem yang cukup kompleks. Sistem ini dapat berjalan dengan baik apabila semua proses didukung dengan teknologi yang tinggi, sumber daya yang berkualitas, dan yang paling penting komitmen perusahaan.
SIM berguna untuk mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Kegiatan ini mendukung proses bisnis perusahaan dan perlu diperhatikan untuk kelangsungan perusahaan. Oleh karena itu, komitmen perusahaan untuk menjalankan Sistem Informasi Manajemen haruslah sangat tinggi agar proses tersebut memberi keuntungan bagi perusahaan.

Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajemen maka analisis sistem harus mengetahui kebutuhan-kebutuhan informasi yang dibutuhkannya dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat manajemen. Berdasarkan pada pengertian-pengertian diatas, maka terlihat bahwa tujuan dibentuknya Sistem Informasi Manajemen atau SIM adalah supaya memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan.

SIM akan menolong perusahaan-perusahaan dalam mengintegrasikan data, mempercepat dan mengestimatisasi pengolahan data, meningkatkan kualitas informasi dan kontrol manajemen, mendorong terciptanya produk-produk baru, meningkatkan layanan dan kontrol, mengotomatisasi sebagai pekerjaan rutin dan menyederhanakan alur kerja. Dengan kata lain, SIM beserta perkembangan teknologi pendukungnya akan memicu transformasi besar dalam bidang bisnis dan
manajemen.


Beberapa fungsi SIM dalam perusahaan antara lain, adalah sebagai berikut :

1.      Fungsi Perencanaan merupakan pemilihan tujuan dan penetapan kebijakan prosedur dan program-program untuk mencapainya.
2.      Fungsi Pengorganisasian merupakan pengelompokan kegiata-kegiatan yang harus dilaksanakan.
3.      Fungsi Penyusunan Staf merupakan pemilihan dan pelatihan orang untuk bekerja dalam organisasi.
     4.      Fungsi Pengkoordinasian merupakan penjadwalan kegiatan-kegiatan dalam urutan yang tepat.
5.      Fungsi Pengarahan merupakan pengarahan dan pemotivasian orang dalam organisasi.
6.      Fungsi Pengendalian merupakan pengukuran prestasi dan penyimpangannya dari rencana. Pengaturan dan pembetulan kegiatan atau kebijakan, prosedur dan program.


Penutup

Kesimpulan
Dari definisi-definisi diatas dapat saya simpulkan bahwa Sistem Informasi Manajemen atau SIM merupakan suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu perusahaan atau merupakan bagian dari seluruh aktifitas pengendalian internal bisnis yang meliputi penggunaan manusia, dokumen, teknologi dan prosedur untuk untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dalam perusahaan seperti penetapan biaya produk, strategi layanan atau pengembangan bisnis. Dengan adanya SIM ini, sebuah perusahaan mengharapkan suatu sistem yang mampu bekerja secara cepat dan akurat sehingga produktivitas kerja diperusahaan lebih meningkat, yang perlu diingat bahwa jangan sampai keberadaan sistem ini justru menambah masalah baru didalam perusahaan tersebut.


Saran
Menurut saya diperlukan komitmen yang tinggi dalam sebuah perusahaan agar Sistem Informasi Manajemen yang ada bisa berlangsung baik dan memberi keuntungan bagi perusahaan tersebut.


Referensi
·         http://www.google.co.id/



·         http://ilmukomputer.org/

·         http://www.bing.com/

·         http://www.ask.com/ 




·        Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar